Rabu, 22 Juli 2020

Suka Makan Mie Instan? Coba Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini



Mie instan merupakan makanan yang cukup banyak penggemar nya. Selain rasa nya yang enak, cara penyajian nya juga bisa dibilang sangat praktis. Bila tak ada lauk, maka mie instan akan menjadi pilihan cepat. Dengan begitu melimpahnya jenis mie instan yang beredar di pasaran dan rasanya yang lezat membuat mie instan menjadi salah satu makanan yang kebanyakan orang menjadikannya sebagai makanan pokok yang sangat digemari.


Walaupun mie instan adalah makanan yang enak dan sungguh praktis, namun mengonsumsi mie instan secara terus menerus sangat tidak di anjurkan apalagi dalam jangka waktu yang begitu dekat. Misalnya dalam seminggu mie instan di konsumsi dalam setiap waktu. Tentu hal itu dapat mengganggu keseimbangan tubuh dalam pola makanan yang sehat terlebih fakta bahwa mie instan mengandung natrium dan MSG yang banyak sehingga menjadikan orang banyak khwatir untuk mengkonsumsi mie instan.


Sebenarnya sudah banyak yang tahu tentang bahaya dari mie instan, tetapi banyak juga yang tidak memperdulikan karena terlena oleh lezat nya makanan instan tersebut. Nah, jika kamu merupakan penggemar berat mie instan, alangkah baik nya perhatikan hal-hal berikut ini agar kamu masih bisa menikmati makanan tersebut dengan cara yang sehat.



1. Jangan Makan Mie Instan Dalam Kondisi Mentah

Ketika kalian sedang malas untuk memasak mie instan, kalian pasti pernah atau justru sering memakan mie instan dalam keadaan masih mentah atau dengan cara diremas dan dicampur dengan bumbunya. Rasanya sih tentu saja enak, tapi tahukah kalian mengonsumsi mie mentah bisa menjadi sangat berbahaya untuk kesehatan lho. Karena mengonsumsi mie mentah dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Seperti diabetes, tekanan darah tinggi, luka pada usus, bahkan kanker.


2. Jangan Terlalu Sering Makan Mie Instan

Mengonsumsi mie instan terlalu sering itu bukan lah hal baik, terutama kandungan SMG didalam bumbu. MSG mie banyak mengandung bumbu pengawet yang dapat menyebabkan alergi. MSG sendiri di dalam beberapa penelitian disebutkan jika dikonsumsi terlalu sering dapat menyebabkan penyakit. Jadi ada baiknya apabila membuat mie dengan menggunakan bumbu yang dibuat sendiri supaya keamanan nya bisa kita jamin sendiri.


3. Tambahkan Toping Yang Sehat

Mengounsumi mie instan bisa juga dilakukan dengan cara yang sehat. Dengan menambahkan toping protein seperti telur dan bisa juga tambahkan dengan sayuran. Misalkan wortel, timun, kol, atau brokoli. Sayuran ini biasanya cukup nikmat disantap mentah-mentah. Atau jika mau, bisa rebus dulu sayuran tersebut beberapa menit.


4. Usahakan Tidak Menggabungkan Mie Instan Dengan Nasi

Banyak orang yang makan mie instan dengan cara menggabungkan nya dengan nasi. Dengan alasan lebih nikmat, dan tentu nya juga kenyang. Padahal hal ini justru tidak baik dan membahayakan kesehatan kalian. Karena perpaduan karbohidrat dari nasi dan mie instan dapat menaikkan indeks glikemik, sehingga gula dalam darah melonjak drastis. Inilah yang membuat semakin tingginya risiko masalah diabetes


5. Minum Air putih Minimal 2 Gelas Setelah Makan Mie Instan

Perbanyak lah minum air putih setelah makan mie instan minimal 500ml atau sama dengan 2 gelas air putih. Sebenarnya bukan hanya setelah makan mie instan saja, minum air putih juga sangat di anjurkan bagi kesehatan tubuh kita. Selain untuk menghilangkan dahaga, kandungan didalam air putih ini juga sangat membantu dalam proses kelancaran pencernaan kita.


Tips tadi bisa kalian terapkan di rumah atau dimanapun ketika ingin memasak mie instan, sehingga mie yang kalian konsumsi tetap sehat dan aman. Namun lebih baik lagi jika mengurangi konsumsi mie instan setiap hari nya dan mulai lah mengonsumsi makanan-makanan yang lebih sehat.


Sumber gambar : sajiansedap.id

0 komentar:

Posting Komentar