Selasa, 21 Juli 2020

Fasilitas Perkuliahan Online di Tengah Pandemi

Virus corona atau covid-19 sangat mempengaruhi segala kehidupan manusia, terutama aktivitas. Di tengah pandemi seperti ini segala macam bentuk aktivitas ditiadakan.


Mulai dari perkantoran, pusat perbelanjaan, hingga kegiatan belajar mengajar yang diadakan di sekolah sekolah dan universitas dihentikan sementara. Dengan alasan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.


Walaupun saat ini sudah memasuki fase New Normal, akan tetapi pemerintah masih tetap waspada dengan tidak membuka kegiatan belajar mengajar di sekolah atau kampus. Agar virus corona atau covid-19 tidak makin banyak memakan korban.


Sebagai seorang mahasiswa, hal ini tentu sangat merugikan bagi diri saya. Kegiatan belajar mengajar seperti yang dilakukan di kampus jadi tidak efektif ketika dilakukan nya pembelajaran dari rumah.


Mulai dari materi yang diberikan sulit untuk dipahami hingga tugas yang disodorkan tidak masuk akal jumlah nya. Proses belajar seperti ini sangat sangat tidak efektif kalau diberlakukan dalam jangka panjang.


Tatap muka secara online pun kurang efektif dikarenakan kendala jaringan dan sebagai nya. Hal ini yang harus dipikirkan oleh pemerintah, jika ingin memberlakukan pembelajaran online dalam jangka panjang. Karena tidak semua pelajar atau mahasiswa sanggup untuk mengikuti.


Belum lagi pihak universitas yang tidak meringankan mahasiswa dengan mewajibkan seluruh nya untuk tetap membayar biaya kuliah full. Padahal kita sebagai mahasiswa sama sekali tidak memakai fasilitas kampus.


Logika seperti apa yang berpikir jika tidak memakai tapi diharuskan tetap membayar. Covid-19 ternyata bukan hanya menyerang sistem pernapasan manusia, tetapi juga mengganggu pola pikir dan rasa kemanusiaan.


Akan tetapi, berpikir positif sangat diperlukan di masa pandemi sekarang. Mungkin saja mahasiswa diwajibkan membayar full karena pihak universitas juga harus membayar gaji karyawan yang ada. Dan tetap mengebulkan dapur para petinggi petinggi kampus.


Sebagai mahasiswa, kita hanya bisa belajar. Belajar dari yang seperti itu agar kelak kita sukses nanti, harus tetap ada rasa kemanusiaan didalam diri kita.

0 komentar:

Posting Komentar