Jumat, 26 Juni 2020

Produktif di era Revolusi Industri 4.0


Universitas Satya Negara Indonesia mengadakan Web Seminar (Webinar) seputar Revolusi Industri 4.0 di masa pandemi.  Pada Webinar kali ini mengangkat sebuah tema “ Berkreasi di Era Perubahan Teknologi Revolusi Industri 4.0” yang dilaksanakan pada hari Selasa, (23/6/2020).


Webinar ini diramaikan oleh 3 Narasumber sebagai pembicara utama diantaranya ada Astrid Savitri yang merupakan Pegiat Media Sosial dan seorang penulis buku Revolusi Industri 4.0, kemudian Radita Gora selaku Dekan FISIP USNI, Yadi Kusmayadi Senior Manajer HSE (subsea) di Bumi Armada dan yang terakhir Risqi Inayah Dwijayanti selaku dosen USNI.


Sepanjang Web Seminar berlangsung, hal yang dibahas fokus kepada kreativitas di masa pandemi dengan menerapkan teknologi revolusi industri 4.0.


Radita Gora selaku Dekan FISIP USNI mengatakan bahwa pada masa pandemi ini, teknologi digital sudah berubah dari yang tadinya kebutuhan sekunder menjadi kebutuhan premier karena sangat dibutuhkan orang banyak.


“Anak-anak yang belajar itu menggunakan platform seperti Ruang Guru, EdmodoGoogle ClassroomBahaso Talk dan juga lain sebagainya. Ada juga yang tidak bisa mengakses internet, disuport melalui tayangan TVRI,” ujar Radita.


Dalam materinya, Radita menjelaskan bahwa teknologi menjadi kebutuhan untuk kita di masa pandemi karena pada saat ini dalam bekerja dan belajar di rumah melalui aplikasi zoom di gadget. 


"Sejak adanya Covid-19 terjadi perubahan signifikan ketika kita terbiasa menggunakan media seperti menggunakan komputer 35%, internet 29%, seluler 24%, chatting 23%, TV 19%. Tv streaming juga meningkat seperti neflix, iflix, vidio.com." Jelas Radita


Kemudian Astrid Savitri yang merupakan seorang pegiat media sosial dalam webinar ini menjelaskan materi tentang "Kreativitas dan Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0" yang berjalan cukup menarik dan membuat kita tahu banyak akan media sosial. 


Sebagai penutup, Risqi Inayah sebagai seorang Dosen USNI yang cukup aktif di media sosial ini memberikan nasihat kepada kita khusus nya anak muda agar lebih aktif dan produktif dalam menciptakan karya.


" Di Era 4.0 ini kita harus kreativitas belajar di Era Pandemi. Kreativitas itu seperti membuat konten yang menarik, membuat podcast di Spotify, membuat tutorial dan konsep pembelajaran." Ujar Risqi Inayah.

0 komentar:

Posting Komentar