Rabu, 12 November 2014

Ayah...

Gue sadar selama ini cuma nuntut, nuntut dan nuntut.

Gue sadar cuma bisa minta ini dan minta itu.

Balesan gue? Gue masih sering ngelawan lah, nge bantah perintah nya, dll. Orang tua gue selalu nasehatin gue, intinya orang tua gue tuh mau anaknya
sukses, berhasil, dan bisa ngebahagiain mereka.

      Tanpa sadar seakan emang gue lebih sering sms ke mama gue. Sadar gak sadar
gue jarang sms ayah kalo gak ayah duluan yang sms. Emang mama yg selalu lebih cerewet. Emang mama yg seakan lebih perhatian. Tapi dibelakang itu semua, ada ayah yg selalu ngingetin mama gue buat sekedar nanya udah makan apa belum, untuk sekedar nanya gimana hari ulangan nya lancar apa engga. Ayah pernah bilang kalo dia mau anaknya lulus tepat waktu, ayah sering
bilang kalo asal anaknya rajin, ayah gak pernah capek buat kerja.

      Anaknya? Anaknya sering dengerin
nasehat, cuma ndengerin aja. Gak dipraktekin. Cuma masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Anaknya sering aja
ngeluh dan ngeluh kurang ini kurang
itu, anaknya cuma bisa sms ayah nya aja kalo butuh uang, padahal segala sesuatunya udah coba dipenuhin sama orang tua.

      Buat apa sih ayah kerja? Pasti pas lo kecil dulu lo pernah nanya kenapa ayah kerja, dan ayah lo pasti jawab “ayah kerja nyari uang buat beli susu adek”. Suatu saat nanti gue bakalan jadi seorang ayah, dan suatu saat nanti gue bakalan kerja mati2 an buat biayain istri dan anak gue nantinya. Gue berharap banget bisa
ngerasain jadi seorang ayah. Gue mau
tau gimana rasanya kerja keras buat
ngebiayain anaknya sekolah sampai jenjang pendidikan yang tinggi. Gue juga mau ngerasain gimana rasanya punya seorang anak yang nggak pernah sms ayah nya kecuali di sms duluan dan gimana rasa nya sakit hati ketika anak kita ngelawan sama kita.

      Mau gue nanti jadi sarjana pun, mau
gue nanti lulus kuliah pun. Sampai
kapanpun gue gak akan bisa ngebales
apa yg org tua kasih ke gue, gue
tetep gak akan pernah bisa rasain
gimana perjuangan yg ayah lakuin demi ngebiayain gue. Ya mungkin nantinya gue bakal jadi seorang ayah dan gue bakal ngerasain gimana kerja buat anak-anak gue, tapi hal itu gak akan sama kaya perjuangan ayah gue. Intinya beda. Kalo aja gue bisa jadi ayah gue dan ayah gue jadi gue, mungkin rasanya, perjuangannya, bakalan sama. Gue bakalan bisa ngerasain gimana sih perjuangan ayah demi ngebiayain gue.

      Saat ini mungkin yang bisa gue lakuin sekedar buat bikin perjuangan ayah gue nggak sia-sia adalah lulus dan jadi orang sukses. Intinya gue mau perjuangan bapak gue nggak sia2 dan nggak jadi percuma, gue mau ayah gue bisa bangga punya anak kaya gue.

Oke deh, selamat hari ayah!

2 komentar: